Manfaat minyak zaitun

Posted by Admin on Wednesday 17 August 2011

Manfaat minyak zaitun. Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dan fungsi dari minyak zaitun. Secara ilmiah, minyak zaitun dihasilkan oleh buat zaitun yang sangat kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi.Oleh sebab itu makannya zaitun mempunyai segudang manfaat.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari minyak zaitun buat kesehatan tubuh:
  1. Meningkatkan metabolisme
    Makan 1/2 cup buah zaitun setiap hari dapat mencegah kegemukan. Khasiat ini berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang dapat mempercepat pembakaran lemak dan mencegah perubahan gula menjadi lemak. Selain itu, dalam British Journal of Nutrition dikatakan, asam lemak tak jenuh tunggal menstimulir cholecystokini, sejenis hormon penekan nafsu makan yang mengirim sinyal kenyang ke otak.
  2. Merevitalisasi sistem imun
    Zaitun kaya dengan vitamin E larut lemak, yang melindungi sel-sel dari radikal-radikal bebas yang berbahaya. Antioksidan ini menguatkan sistem imun, mengurangi penyakit seperti pilek dan flu sampai 30%, begitu menurut para periset di Tufts University di Boston. Minyak zaitun amat membantu mengurangi risiko barah payudara kerana ia kaya dengan Vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak zaitun didapati dapat merendahkan kolestrol LDL(kolestrol jahat), tekanan darah, dan risiko koronori jantung.
  3. Menghaluskan Kulit
    Makan buah zaitun yang merupakan sumber terkaya oleic acid, membantu mengurangi tampilan garis-garis halus. Asam lemak ini dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastin kulit dari kerusakan. Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.
  4. Meningkatkan sirkulasi darah
    Zaitun adalah sumber istimewa dari polyphenols, senyawa antioksidan yang membantu mencegah penggumpalan darah yang berbahaya. Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology mengaitkan senyawa ini dengan peningkatan kadar nitric oxide, molekul jantung sehat yang meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah.
Selain manfaat minyak zaitun yang disebutkan diatas, buah zaitun dijadikan campuran dalam menu makanan atau pun diolah dalam berbagai bentuk, ada yang dikeringkan, dijadikan acar atau diperas untuk diambil minyaknya, yang kemudian dicampurkan ke dalam menu makanan sehingga memiliki rasa yang khas, Namun, bukan hanya sebagai penyedap rasa saja, minyak zaitun selama beribu-ribu tahun juga terbukti menjadi salah satu rahasia merawat tubuh.

Related Post:

Write comment here